Dampak Positif Pencarian Semantik untuk SEO


 Sebagian besar bisnis tampaknya tahu bahwa SEO adalah bagian integral dari upaya online mereka, bahkan jika mereka tidak sepenuhnya memahami cara kerjanya, atau bagaimana itu berubah.

SEO telah ada selama beberapa dekade, tetapi hanya sejak awal 2000-an memiliki raksasa mesin pencari, Google, mengambil langkah-langkah untuk membuat SEO lebih banyak tentang pengalaman pengguna web daripada mengikuti formula khusus untuk membuat peringkat situs web tinggi di hasil pencarian.
Untuk itu, Google telah berfokus untuk memberikan respon cepat terhadap permintaan pencarian online, sehingga akan menghasilkan hasil yang akurat, bahkan dengan kata-kata yang salah eja, frasa tidak lengkap, atau frase yang tidak memiliki kata-kata.
Sebagai pengguna web pasif, Anda mungkin tidak sepenuhnya melihat dampak mendalam pada praktik SEO - Anda hanya senang memiliki pengalaman penelusuran yang lebih baik.

SEO masa lalu didasarkan pada kerangka kata kunci yang kaku.
Akibatnya, webmaster dan SEOer melakukan riset kata kunci yang ekstensif dan melakukan semua yang mereka bisa untuk menjejalkan kata kunci bertarget mereka ke setiap sudut situs web mereka. Menulis untuk SEO sering digunakan dan diimplementasikan kata kunci atau frase di tempat-tempat aneh dan tidak wajar, membuat konten sulit dibaca.

Terkadang konten tidak ada hubungannya dengan kata kunci.
Akibatnya, para pelaku jasa SEO hanya menulis untuk Google, dan para pengguna sering kali frustrasi dengan hasil pencarian yang tidak relevan dari pertanyaan mereka.
Namun hal-hal akan berubah, dan kita telah berubah dari literal menjadi semantik (bisa dikatakan).

Pembaruan Algoritme Google
Mulai tahun 2002, Google mulai menerapkan yang pertama dalam serangkaian pembaruan dan persyaratan algoritme untuk mengurutkan dan memberi peringkat situs web. Webmaster sekarang tidak dapat melakukan umpan tautan dan isian kata kunci yang berlebihan. Sebaliknya, mereka harus membuat konten yang relevan yang berguna bagi pengguna jika mereka ingin situs web mereka memiliki peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Penekanan terhadap konten yang ramah pengguna berlanjut pada tahun 2013, ketika Google keluar dengan pembaruan algoritma Hummingbird mereka.

Algoritma Hummingbird mengubah cara Google menafsirkan kueri penelusuran pengguna web. Alih-alih mencari kata-kata identik dan frase kata demi kata, Google mulai menekankan pada maksud di balik permintaan pencarian.

Tidak lagi kata-kata atau frasa harus sama persis, tetapi Google sekarang mencari situs web untuk ide yang sama seperti permintaan pencarian. Kata-kata tidak harus dieja sama dan susunan kata dan struktur frasa kueri tidak harus sama persis.

Pembaruan Hummingbird ini adalah hasil dari kesadaran bahwa dalam masyarakat yang serba cepat saat ini, di mana pengguna web tidak ingin mengetikkan pertanyaan pencarian yang panjang dan benar, masih mengharapkan hasil yang instan dan relevan.

Komponen utama pembaruan Hummingbird Google disebut RankBrain. RankBrain adalah kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan mesin algoritme penelusuran Google untuk lebih menafsirkan penelusuran rumit dan maksud pengguna di balik penelusuran mereka.

Dan gagasan niat inilah yang merupakan fondasi untuk apa yang kami sebut "pencarian semantik".
Sejumlah inovasi teknologi telah membantu memacu tren ini. Yang paling menonjol adalah kecanggihan ponsel pintar dan fungsi pencarian kata-ke-teks mereka.

Dengan ucapan-ke-teks, pengguna web dapat mengucapkan kata kunci atau frasa pencarian ke dalam bilah pencarian Google pada ponsel cerdas mereka dan platform Google seluler akan menerjemahkan kata-kata yang diucapkan pengguna ke dalam teks yang diketik.

Akibatnya, semakin banyak pengguna web mencari dengan cara yang lebih kompleks dan canggih. Bahkan, mereka sekarang menggunakan terminologi dan frasa yang mereka gunakan dalam percakapan verbal.

Orang-orang cenderung berbicara secara berbeda daripada bagaimana mereka mengetik dan Google telah mengakui hal ini.

Pembaruan algoritma Hummingbird telah mengalihkan pengalaman pengguna web dari proses mekanis yang kaku menjadi sesuatu yang lebih semantik.

Manfaat Positif dari Pencarian Semantik SEO
Apa dampak positif yang muncul dari pergeseran ini dalam cara orang mencari dan bagaimana peringkat hasil pencarian?

1. Pencarian Lebih Mudah, Lebih Intuitif
Dengan semua perubahan yang telah terjadi di latar belakang, pengguna web telah terbiasa dengan pengalaman penelusuran yang cepat dan intuitif yang menghasilkan hasil yang relevan.

Di masa lalu, pengguna harus mencoba beberapa variasi penelusuran berbeda jika hasil awalnya tidak cukup menyampaikan apa yang diharapkannya. Pada saat yang sama, SEO harus menentukan dengan tepat apa yang bisa digunakan pelanggan dan menulis konten situs web yang menyertakan frasa tersebut (tidak peduli betapa anehnya mereka cocok).

Putus sambungan dibuat antara maksud penelusuran pengguna web dan hasil penelusuran yang muncul.

Pencarian semantik mengubah ini dengan sedikit berfokus pada kata-kata atau frasa tertentu dan lebih banyak pada maksud pengguna di balik pencarian. Dan jasa SEO harus mengubah strategi mereka untuk memperhitungkan jenis hasil pencarian ini.

2. Konten Lebih Baik
Tujuan setiap pembaruan algoritme adalah untuk meningkatkan pengalaman penelusuran pengguna web. Dengan pembaruan Hummingbird, hasil pencarian muncul yang dianggap paling relevan berdasarkan niat pengguna yang belum di-scan.

Orang-orang sekarang memasukkan permintaan pencarian yang mirip dengan cara mereka berbicara. Google telah menggunakan AI (kecerdasan buatan) untuk mencari situs web berdasarkan sintaks kueri penelusuran baru ini.

Dengan sedikit penekanan pada kata kunci spesifik dan struktur frasa formal, konten di situs web - sekarang lebih dari sebelumnya - harus berkualitas tinggi. Kata kunci yang ditempatkan secara aneh atau frase kata kunci yang canggung atau penjejalan kata kunci dalam konten situs web tidak akan lagi menenangkan pengguna Google atau web.

Untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang sekarang diharapkan, penulis konten harus melakukan penelitian yang lebih menyeluruh tentang topik dan menulis dengan cara yang kontennya mudah dibaca, menarik perhatian, dan menawarkan nilai.

3. Hasil Kualitas
Dengan SEO semantik, halaman hasil pencarian (atau setidaknya harus) diisi dengan konten berkualitas tinggi yang secara akurat menjawab pertanyaan asli.

Bagian terbesar dari pembuatan ini adalah penggunaan "jawaban yang kaya." Jawaban pencarian pencarian ini dikumpulkan oleh Google dan ditampilkan pada halaman hasil pencarian (SERPs) dengan cara yang pengguna web tidak perlu mengklik situs web URL untuk melihat konten. Pengguna disajikan dengan cuplikan singkat dari konten yang relevan dari situs web.

Sementara cuplikan adalah bentuk yang paling sering ditampilkan dari "jawaban kaya," bagan, tabel, penggeser, peta, dan formulir yang menampilkan informasi relevan yang sesuai, juga dapat muncul di SERPs.

Ketika pengguna web mendapatkan jawaban yang mereka cari dan mereka mendapatkannya secara instan, pengalaman penelusuran yang lebih baik akan mereka miliki. (Ini, pada gilirannya, akan meyakinkan mereka untuk terus menggunakan Google untuk pencarian web mereka.)

4. Optimasi Nilai Pengguna Lebih Baik
Dengan SEO semantik, tujuannya adalah untuk menciptakan nilai paling bagi pengguna web dan mengatasi masalah nyata mereka. SEOers sekarang harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengoptimalkan konten situs web mereka sehingga bermanfaat bagi pengguna web.

Ini adalah sesuatu yang telah dibicarakan orang selama bertahun-tahun, tetapi sekarang Anda harus berpikir lebih banyak tentang bagaimana para pengguna tersebut mengajukan pertanyaan mereka - bukan hanya kata kunci yang mungkin mereka gunakan.

Karena kata kunci tidak terlalu menekankan, lebih sulit bagi SEO untuk menentukan maksud di balik pencarian pengguna. Ini adalah sesuatu yang cukup tidak dapat diprediksi, sehingga SEO aman, dan lebih baik menghasilkan konten hebat yang menambah nilai ke audiens yang lebih besar dan lebih luas.

5. Kurang Penekanan pada Kata Kunci
Seperti yang Anda ketahui, jasa SEO murah semantik kurang menekankan pada kata kunci. Riset kata kunci masih penting untuk mengukur popularitas kata kunci tertentu. Namun, kata kunci yang Anda pilih untuk menargetkan tidak lagi menjadi akhir dari semua strategi SEO Anda.

Lewatlah sudah hari-hari di mana situs web membutuhkan kata kunci pencocokan tepat dan setiap halaman situs web harus memiliki rasio kata kunci tertentu. Sekarang, kata kunci tersebut membantu memandu fokus kami ke topik dan diskusi tertentu, tetapi konten kami harus fokus pada apa yang sebenarnya diinginkan pengguna.

6. Lebih Fleksibilitas
Pergeseran dari frasa kata kunci pencocokan tepat menawarkan lebih banyak fleksibilitas pada konten mereka. Dengan kata-kata alternatif dan sinonim kata muncul sebagai hasil pencarian kueri, konten situs web dapat menjadi lebih kreatif, unik, asli, dan, akhirnya, berguna.

Konten penulis sekarang tidak lagi terikat untuk membangun konten hanya untuk mendorong kata kunci tertentu.

Pendekatan semantik baru untuk manfaat SEO baik pengguna web dan SEO yang dioptimalkan dan menulis konten untuk situs web. Keduanya dibawa ke pemahaman yang lebih dekat satu sama lain yang telah meningkatkan pengalaman browsing internet secara keseluruhan.

Apakah situs web Anda dioptimalkan untuk pencarian semantik? Jika tidak, kemungkinan situs web Anda belum atau tidak akan segera muncul di bagian atas hasil penelusuran untuk kata kunci atau frasa target Anda.
Google lebih menekankan pada pengalaman pengguna web dan jika Anda masih melakukan SEO “sekolah lama”, situs web Anda tidak mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Google atau web.

Mengoptimalkan situs web dan tetap mengikuti perkembangan terkini di banyak algoritme Google membutuhkan waktu, kesabaran, dan upaya. Hal ini juga membutuhkan pengetahuan SEO top-notch untuk menarik semua konten Anda bersama-sama ke dalam strategi pemasaran yang kohesif. Anda telah menyiapkan konten dan SEO Anda. Apakah kampanye media sosial Anda berkontribusi terhadap upaya tersebut? Unduh daftar periksa gratis ini untuk mengetahuinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Efek Kehidupan Dari Seni

Daur Ulang Membuat Ban Besar Berayun & Karet Mulsa untuk Playground

Bus Pesta Dengan Sewa Bus Pariwisata