Dampak Positif Pencarian Semantik untuk SEO
Sebagian besar bisnis tampaknya tahu bahwa SEO adalah bagian
integral dari upaya online mereka, bahkan jika mereka tidak sepenuhnya memahami
cara kerjanya, atau bagaimana itu berubah.
SEO telah ada selama beberapa dekade, tetapi hanya sejak
awal 2000-an memiliki raksasa mesin pencari, Google, mengambil langkah-langkah
untuk membuat SEO lebih banyak tentang pengalaman pengguna web daripada
mengikuti formula khusus untuk membuat peringkat situs web tinggi di hasil
pencarian.
Untuk itu, Google telah berfokus untuk memberikan respon
cepat terhadap permintaan pencarian online, sehingga akan menghasilkan hasil
yang akurat, bahkan dengan kata-kata yang salah eja, frasa tidak lengkap, atau
frase yang tidak memiliki kata-kata.
Sebagai pengguna web pasif, Anda mungkin tidak sepenuhnya
melihat dampak mendalam pada praktik SEO - Anda hanya senang memiliki
pengalaman penelusuran yang lebih baik.
SEO masa lalu didasarkan pada kerangka kata kunci yang kaku.
Akibatnya, webmaster dan SEOer melakukan riset kata kunci
yang ekstensif dan melakukan semua yang mereka bisa untuk menjejalkan kata
kunci bertarget mereka ke setiap sudut situs web mereka. Menulis untuk SEO
sering digunakan dan diimplementasikan kata kunci atau frase di tempat-tempat
aneh dan tidak wajar, membuat konten sulit dibaca.
Terkadang konten tidak ada hubungannya dengan kata kunci.
Akibatnya, para pelaku jasa
SEO hanya menulis untuk Google, dan para pengguna sering kali frustrasi
dengan hasil pencarian yang tidak relevan dari pertanyaan mereka.
Namun hal-hal akan berubah, dan kita telah berubah dari
literal menjadi semantik (bisa dikatakan).
Pembaruan Algoritme Google
Mulai tahun 2002, Google mulai menerapkan yang pertama dalam
serangkaian pembaruan dan persyaratan algoritme untuk mengurutkan dan memberi
peringkat situs web. Webmaster sekarang tidak dapat melakukan umpan tautan dan
isian kata kunci yang berlebihan. Sebaliknya, mereka harus membuat konten yang
relevan yang berguna bagi pengguna jika mereka ingin situs web mereka memiliki
peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Penekanan terhadap konten yang ramah pengguna berlanjut pada
tahun 2013, ketika Google keluar dengan pembaruan algoritma Hummingbird mereka.
Algoritma Hummingbird mengubah cara Google menafsirkan kueri
penelusuran pengguna web. Alih-alih mencari kata-kata identik dan frase kata
demi kata, Google mulai menekankan pada maksud di balik permintaan pencarian.
Tidak lagi kata-kata atau frasa harus sama persis, tetapi
Google sekarang mencari situs web untuk ide yang sama seperti permintaan
pencarian. Kata-kata tidak harus dieja sama dan susunan kata dan struktur frasa
kueri tidak harus sama persis.
Pembaruan Hummingbird ini adalah hasil dari kesadaran bahwa
dalam masyarakat yang serba cepat saat ini, di mana pengguna web tidak ingin
mengetikkan pertanyaan pencarian yang panjang dan benar, masih mengharapkan
hasil yang instan dan relevan.
Komponen utama pembaruan Hummingbird Google disebut
RankBrain. RankBrain adalah kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan mesin
algoritme penelusuran Google untuk lebih menafsirkan penelusuran rumit dan
maksud pengguna di balik penelusuran mereka.
Dan gagasan niat inilah yang merupakan fondasi untuk apa
yang kami sebut "pencarian semantik".
Sejumlah inovasi teknologi telah membantu memacu tren ini.
Yang paling menonjol adalah kecanggihan ponsel pintar dan fungsi pencarian
kata-ke-teks mereka.
Dengan ucapan-ke-teks, pengguna web dapat mengucapkan kata
kunci atau frasa pencarian ke dalam bilah pencarian Google pada ponsel cerdas
mereka dan platform Google seluler akan menerjemahkan kata-kata yang diucapkan
pengguna ke dalam teks yang diketik.
Akibatnya, semakin banyak pengguna web mencari dengan cara
yang lebih kompleks dan canggih. Bahkan, mereka sekarang menggunakan
terminologi dan frasa yang mereka gunakan dalam percakapan verbal.
Orang-orang cenderung berbicara secara berbeda daripada
bagaimana mereka mengetik dan Google telah mengakui hal ini.
Pembaruan algoritma Hummingbird telah mengalihkan pengalaman
pengguna web dari proses mekanis yang kaku menjadi sesuatu yang lebih semantik.
Manfaat Positif dari Pencarian Semantik SEO
Apa dampak positif yang muncul dari pergeseran ini dalam
cara orang mencari dan bagaimana peringkat hasil pencarian?
1. Pencarian Lebih Mudah, Lebih Intuitif
Dengan semua perubahan yang telah terjadi di latar belakang,
pengguna web telah terbiasa dengan pengalaman penelusuran yang cepat dan
intuitif yang menghasilkan hasil yang relevan.
Di masa lalu, pengguna harus mencoba beberapa variasi
penelusuran berbeda jika hasil awalnya tidak cukup menyampaikan apa yang
diharapkannya. Pada saat yang sama, SEO harus menentukan dengan tepat apa yang
bisa digunakan pelanggan dan menulis konten situs web yang menyertakan frasa
tersebut (tidak peduli betapa anehnya mereka cocok).
Putus sambungan dibuat antara maksud penelusuran pengguna
web dan hasil penelusuran yang muncul.
Pencarian semantik mengubah ini dengan sedikit berfokus pada
kata-kata atau frasa tertentu dan lebih banyak pada maksud pengguna di balik
pencarian. Dan jasa SEO harus mengubah
strategi mereka untuk memperhitungkan jenis hasil pencarian ini.
2. Konten Lebih Baik
Tujuan setiap pembaruan algoritme adalah untuk meningkatkan
pengalaman penelusuran pengguna web. Dengan pembaruan Hummingbird, hasil
pencarian muncul yang dianggap paling relevan berdasarkan niat pengguna yang
belum di-scan.
Orang-orang sekarang memasukkan permintaan pencarian yang
mirip dengan cara mereka berbicara. Google telah menggunakan AI (kecerdasan
buatan) untuk mencari situs web berdasarkan sintaks kueri penelusuran baru ini.
Dengan sedikit penekanan pada kata kunci spesifik dan
struktur frasa formal, konten di situs web - sekarang lebih dari sebelumnya -
harus berkualitas tinggi. Kata kunci yang ditempatkan secara aneh atau frase
kata kunci yang canggung atau penjejalan kata kunci dalam konten situs web tidak
akan lagi menenangkan pengguna Google atau web.
Untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang sekarang
diharapkan, penulis konten harus melakukan penelitian yang lebih menyeluruh
tentang topik dan menulis dengan cara yang kontennya mudah dibaca, menarik
perhatian, dan menawarkan nilai.
3. Hasil Kualitas
Dengan SEO semantik, halaman hasil pencarian (atau
setidaknya harus) diisi dengan konten berkualitas tinggi yang secara akurat
menjawab pertanyaan asli.
Bagian terbesar dari pembuatan ini adalah penggunaan
"jawaban yang kaya." Jawaban pencarian pencarian ini dikumpulkan oleh
Google dan ditampilkan pada halaman hasil pencarian (SERPs) dengan cara yang
pengguna web tidak perlu mengklik situs web URL untuk melihat konten. Pengguna
disajikan dengan cuplikan singkat dari konten yang relevan dari situs web.
Sementara cuplikan adalah bentuk yang paling sering
ditampilkan dari "jawaban kaya," bagan, tabel, penggeser, peta, dan
formulir yang menampilkan informasi relevan yang sesuai, juga dapat muncul di
SERPs.
Ketika pengguna web mendapatkan jawaban yang mereka cari dan
mereka mendapatkannya secara instan, pengalaman penelusuran yang lebih baik
akan mereka miliki. (Ini, pada gilirannya, akan meyakinkan mereka untuk terus
menggunakan Google untuk pencarian web mereka.)
4. Optimasi Nilai Pengguna Lebih Baik
Dengan SEO semantik, tujuannya adalah untuk menciptakan
nilai paling bagi pengguna web dan mengatasi masalah nyata mereka. SEOers
sekarang harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengoptimalkan konten
situs web mereka sehingga bermanfaat bagi pengguna web.
Ini adalah sesuatu yang telah dibicarakan orang selama
bertahun-tahun, tetapi sekarang Anda harus berpikir lebih banyak tentang
bagaimana para pengguna tersebut mengajukan pertanyaan mereka - bukan hanya
kata kunci yang mungkin mereka gunakan.
Karena kata kunci tidak terlalu menekankan, lebih sulit bagi
SEO untuk menentukan maksud di balik pencarian pengguna. Ini adalah sesuatu
yang cukup tidak dapat diprediksi, sehingga SEO aman, dan lebih baik
menghasilkan konten hebat yang menambah nilai ke audiens yang lebih besar dan
lebih luas.
5. Kurang Penekanan pada Kata Kunci
Seperti yang Anda ketahui, jasa
SEO murah semantik kurang menekankan pada kata kunci. Riset kata kunci
masih penting untuk mengukur popularitas kata kunci tertentu. Namun, kata kunci
yang Anda pilih untuk menargetkan tidak lagi menjadi akhir dari semua strategi
SEO Anda.
Lewatlah sudah hari-hari di mana situs web membutuhkan kata
kunci pencocokan tepat dan setiap halaman situs web harus memiliki rasio kata
kunci tertentu. Sekarang, kata kunci tersebut membantu memandu fokus kami ke
topik dan diskusi tertentu, tetapi konten kami harus fokus pada apa yang
sebenarnya diinginkan pengguna.
6. Lebih Fleksibilitas
Pergeseran dari frasa kata kunci pencocokan tepat menawarkan
lebih banyak fleksibilitas pada konten mereka. Dengan kata-kata alternatif dan
sinonim kata muncul sebagai hasil pencarian kueri, konten situs web dapat menjadi
lebih kreatif, unik, asli, dan, akhirnya, berguna.
Konten penulis sekarang tidak lagi terikat untuk membangun
konten hanya untuk mendorong kata kunci tertentu.
Pendekatan semantik baru untuk manfaat SEO baik pengguna web
dan SEO yang dioptimalkan dan menulis konten untuk situs web. Keduanya dibawa
ke pemahaman yang lebih dekat satu sama lain yang telah meningkatkan pengalaman
browsing internet secara keseluruhan.
Apakah situs web Anda dioptimalkan untuk pencarian semantik?
Jika tidak, kemungkinan situs web Anda belum atau tidak akan segera muncul di
bagian atas hasil penelusuran untuk kata kunci atau frasa target Anda.
Google lebih menekankan pada pengalaman pengguna web dan
jika Anda masih melakukan SEO “sekolah lama”, situs web Anda tidak mendapatkan
banyak perhatian dari pengguna Google atau web.
Mengoptimalkan situs web dan tetap mengikuti perkembangan
terkini di banyak algoritme Google membutuhkan waktu, kesabaran, dan upaya. Hal
ini juga membutuhkan pengetahuan SEO top-notch untuk menarik semua konten Anda
bersama-sama ke dalam strategi pemasaran yang kohesif. Anda telah menyiapkan
konten dan SEO Anda. Apakah kampanye media sosial Anda berkontribusi terhadap upaya
tersebut? Unduh daftar periksa gratis ini untuk mengetahuinya.
Komentar
Posting Komentar